menanam bunga mawar, Cara Menanam dan Merawat Bunga Mawar

Cara Menanam dan Merawat Bunga Mawar

August 4, 2020 Off By admin

Siap menanam bunga mawar di kebun Anda? Berikut ini panduan cara menanam dan merawat bunga Mawar. Kami juga membagikan rekomendasi tentang jenis mawar terbaik untuk ditanam, serta tips untuk mengendalikan hama mawar seperti kumbang Jepang.

menanam bunga mawar, Cara Menanam dan Merawat Bunga Mawar

Semak mawar datang dalam berbagai bentuk, dari mawar pendakian ke miniatur tanaman mawar, mekar terutama di awal musim panas dan gugur. Salah satu cara untuk mengelompokkan mawar ke dalam kelas adalah sesuai dengan tanggal pengantar mereka:

  • Mawar tua — juga disebut “mawar kuno” dan “mawar pusaka” —adalah yang diperkenalkan sebelum tahun 1867. Ini adalah mawar subur, selalu harum yang ditemukan di lukisan-lukisan tuan tua. Ada ratusan varietas mawar tua — yang sifat tahan bantingnya bervariasi — memberikan pilihan untuk iklim hangat dan ringan.
  • Mawar hibrida modern , diperkenalkan setelah 1867, kokoh, berbunga panjang, sangat kuat dan tahan penyakit, dan dibiakkan untuk warna, bentuk, ukuran, dan aroma. The mawar teh hibrida , dengan satu bunga besar pada batang pemotongan panjang, adalah salah satu yang paling hibrida populer.
  • Mawar liar , adalah yang telah tumbuh liar selama ribuan tahun. Mawar liar ini telah disesuaikan dengan taman modern dan biasanya mekar dari musim semi ke awal musim panas. Sebagian besar spesies mawar memiliki bunga tunggal.

PENANAMAN

Jika Anda memesan mawar dari toko bunga, pesan awal (akhir musim dingin atau awal musim semi). Mawar biasanya dikirim pada musim semi karena akar telanjang ketika tanaman sepenuhnya dorman, jauh sebelum mereka keluar. Mereka akan terlihat seperti seikat ranting pada saat kedatangan. Perhatikan bahwa mereka tidak mati — hanya tidak aktif. Pastikan bahan pembungkusnya lembab dan simpan di tempat gelap yang dingin sampai siap ditanam.

Jika Anda membeli mawar yang ditanam dalam wadah (vs. mawar telanjang), yang terbaik adalah menanamnya pada akhir musim semi atau awal musim panas untuk hasil terbaik. Namun, Anda dapat menanamnya kapan saja.

MEMILIH DAN MEMPERSIAPKAN MEDIA TANAM

  • Tanam mawar di tempat mereka akan menerima sinar matahari penuh minimal 5 hingga 6 jam per hari. Sinar matahari pagi sangat penting karena mengeringkan daun, yang membantu mencegah penyakit. Mawar tumbuh di bawah sinar matahari parsial mungkin tidak mati sekaligus, tetapi mereka melemah secara bertahap, menghasilkan bunga di bawah standar dan musim dingin yang buruk.
  • Ingatlah bahwa cahaya berubah saat sudut matahari bergeser sepanjang musim. Jika Anda tinggal di bagian negara yang beriklim subtropis, pilih media yang akan menawarkan sinar matahari penuh sepanjang tahun. Semakin banyak sinar matahari yang Anda miliki, semakin banyak bunga yang akan dihasilkan tanaman Anda.
  • Jika Anda tinggal di iklim yang lebih dingin, pertimbangkan menanam mawar di dekat fondasi rumah Anda. Ini memberi tanaman beberapa tingkat perlindungan musim dingin. Jalan setapak juga merupakan tempat yang bagus asalkan ada sinar matahari penuh.
  • Mawar membutuhkan tanah yang mengalirkan air dengan baik tetapi menahan kelembaban cukup lama untuk menyerap beberapa akar. Salah satu kesalahan terburuk yang dapat Anda lakukan adalah tidak menyediakan drainase yang memadai. Mawar tidak suka kaki yang basah dan dingin.
  • Mawar seperti tanah gembur dan longgar lebih condong ke pasir. Terlalu banyak tanah liat dan akarnya bisa tergenang air. Jika Anda tidak memulai dengan tanah yang gembur dan longgar, Anda perlu melakukan beberapa amandemen.
  • Jika Anda berencana beberapa mawar, jangan berkerumun. Berikan sirkulasi udara yang baik untuk menghindari embun tepung dan berbulu halus.
  • Mawar lebih suka kisaran pH hampir netral dari 5,5-7,0. PH 6,5 cocok untuk sebagian besar kebun rumah (sedikit asam hingga netral).
  • Tes tanah yang akurat akan memberi tahu Anda di mana posisi pH Anda saat ini. Tanah asam (asam) dilawan dengan mengaplikasikan batu kapur yang digiling halus, dan tanah alkali (manis) diolah dengan sulfur tanah.

MENANAM MAWAR

  • Pakailah sarung tangan kokoh untuk melindungi tangan Anda dari duri berduri. Memiliki selang atau ember air dan semua alat tanam Anda di dekatnya.
  • Rendam mawar tanpa akar dalam ember air selama 8-12 jam sebelum tanam.
  • Pangkas setiap tongkat kembali ke 3-5 kuncup per tongkat. Setiap tongkat yang lebih tipis dari pensil harus dilepas.
  • Jika wadah tanam tumbuh mawar, longgarkan akarnya sebelum tanam.
  • Ketika Anda menanam mawar, pastikan untuk menggali lubang yang jauh lebih besar daripada yang Anda pikir Anda butuhkan (untuk sebagian besar jenis, lubang tanam harus sekitar 15 hingga 18 inci) dan tambahkan banyak bahan organik seperti kompos atau pupuk kandang tua.
  • Rendam mawar yang baru ditanam dengan air.
  • Buat gundukan tanah yang longgar di sekitar tongkat untuk melindungi mawar saat ia menyesuaikan diri dengan situs barunya.
  • Beberapa orang tua merekomendasikan menempatkan papan gipsum persegi 4 inci dan paku 16 sen di lubang untuk menyediakan kalsium dan zat besi, keduanya dihargai dengan mawar.
  • Jangan memadati mawar jika Anda berencana menanam lebih dari satu semak mawar. Mawar harus ditanam sekitar dua pertiga dari ketinggian yang diharapkan. Mawar taman tua akan membutuhkan lebih banyak ruang, sedangkan mawar miniatur dapat ditanam lebih dekat.

PENYIRAMAN MAWAR

  • Sirami mawar Anda dengan rajin. Rendam seluruh zona akar setidaknya dua kali seminggu dalam cuaca musim panas yang kering. Hindari taburan dangkal yang sering, yang tidak akan mencapai akar yang lebih dalam dan dapat mendorong jamur. Pada musim gugur kurangi jumlah air, tetapi jangan biarkan mawar benar-benar kering.
  • Mawar suka air — tapi jangan tenggelam. Artinya, mereka tidak suka duduk di air, dan mereka akan mati jika tanahnya terlalu basah di musim dingin. Tanah yang ideal kaya dan longgar, dengan drainase yang baik. Salah satu kesalahan terburuk yang dapat Anda lakukan adalah tidak menyediakan drainase yang memadai.
  • Gunakan mulsa. Untuk membantu menghemat air, mengurangi stres, dan mendorong pertumbuhan yang sehat, oleskan selembar 2 – 4 inci daun cincang dan abon, potongan rumput, atau kulit abon di sekitar pangkal mawar Anda. Berikan jarak sekitar 1 inci antara mulsa dan pangkal batang tanaman.

PEMUPUKAN MAWAR

  • Pupuk cair buatan cenderung mendorong pertumbuhan tanaman yang lunak dan lunak, dan dedaunan jenis ini dapat menarik kutu daun dan hama lainnya. Sebaliknya, mengandalkan kompos dan pupuk alami untuk memberi makan tanaman Anda sebelum dan sepanjang siklus berbunga.
  • Sekali sebulan antara bulan April dan Juli, Anda bisa menggunakan pupuk granular seimbang (5-10-5 atau 5-10-10). Biarkan ¾ hingga 1 cangkir untuk setiap semak, dan taburkan di sekitar garis tetesan, bukan di batang. Lihat panduan pupuk kami untuk informasi lebih lanjut .
  • Pada bulan Mei dan Juni, Anda bisa menggaruk satu sendok makan garam Epsom tambahan bersama pupuk; magnesium sulfat akan mendorong pertumbuhan baru dari bagian bawah semak.
  • Kulit pisang merupakan sumber kalsium, sulfur, magnesium, dan fosfat yang baik — semua hal yang disukai mawar. (Perhatikan bahwa mawar Anda akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mendapatkan manfaat dari pisang dibandingkan dengan perubahan tanah murni.)

Berikut adalah tiga cara untuk menyajikannya:

  1. Letakkan potongan kulit di dasar setiap semak.
  2. Mengubur pisang hitam, lembek di sebelah setiap semak.
  3. Potong-potong kulitnya, biarkan selama dua minggu dalam toples air tertutup, dan tuangkan campuran di bawah setiap semak.

MEMANGKAS MAWAR

  • Saat memangkas, berhati-hatilah. Jika Anda memangkas terlalu keras di musim gugur, tanaman dapat rusak setelah pemulihan. Sebaliknya, tunggu sampai musim semi, ketika tanaman mulai rontok untuk musim baru. (Mawar sering bukan tanaman paling awal di kebun untuk merespons suhu pemanasan musim semi, jadi bersabarlah.) Beri tanaman waktu untuk menunjukkan tunas daunnya kemudian pangkas di atas tingkat itu.
  • Hancurkan semua bahan tanaman tua atau berpenyakit. Pakailah sarung tangan panjang siku yang cukup tebal untuk melindungi tangan Anda dari duri atau slip yang canggung, tetapi cukup fleksibel untuk memungkinkan Anda memegang alat Anda. Selalu pakai kacamata pengaman; cabang dapat mencambuk kembali ketika dilepaskan
  • Jangan memotong atau memindahkan mawar di musim panas, karena mereka mungkin menderita dan mati dalam panas. Tongkat mawar besar dapat dipotong kembali sebanyak dua pertiga, dan yang lebih kecil berjarak antara 6 sampai 12 inci dari tanah.
  • Gunakan gunting pemangkasan untuk pertumbuhan yang lebih kecil. Gunakan loppers, yang terlihat seperti raksasa, gunting panjang, untuk pertumbuhan yang lebih dari setengah inci tebal. Gergaji pemangkasan kecil berguna, karena memotong pada dorongan dan tarikan.
  • Deadhead dengan religius dan menjaga kebersihan tempat tidur. Setiap daun memiliki tunas pertumbuhan, jadi menghilangkan bunga-bunga tua mendorong tanaman untuk membuat lebih banyak bunga daripada menggunakan energi untuk membuat biji. Singkirkan semua puing-puing di sekitar semak mawar yang dapat menampung penyakit dan serangga .
  • Di akhir musim, hentikan rugosa deadheading sehingga pinggul akan terbentuk pada tanaman; ini dapat dipanen dan dikeringkan di layar, jauh dari sinar matahari, kemudian disimpan dalam wadah kedap udara.
  • Hentikan deadhead semua semak mawar Anda 3 hingga 4 minggu sebelum es pertama keras agar tidak mendorong pertumbuhan baru pada saat tunas baru mungkin rusak oleh dingin.
  • Tidak semua jenis mawar dipangkas dengan cara yang sama atau pada waktu yang sama tahun.

MAWAR MUSIM DINGIN

  • Jangan memangkas mawar di musim gugur. Cukup potong tongkat yang mati atau sakit.
  • Bersihkan tempat tidur mawar untuk mencegah musim dingin penyakit. Satu semprotan terakhir untuk jamur dengan semprotan yang tidak aktif adalah ide yang bagus.
  • Hentikan pemupukan 6 minggu sebelum salju musim gugur pertama tetapi terus menyiram selama musim gugur yang kering untuk membantu menjaga tanaman tetap sehat selama musim dingin yang kering.
  • Tambahkan mulsa atau kompos di sekitar mawar setelah beberapa salju tetapi sebelum tanah membeku. Bila suhu berada di bawah titik beku selama musim dingin, tutup tanaman dengan silinder jala kokoh, isi selungkup dengan kompos, mulsa, serpihan kayu kering, jarum pinus, atau daun cincang (jangan gunakan daun maple untuk mulsa, karena mereka dapat mempromosikan cetakan pertumbuhan).
  • Mawar putih

HAMA / PENYAKIT

Praktek berkebun yang baik, seperti menghilangkan daun dan tongkat yang mati, akan membantu mengurangi hama. Jika masalah berkembang, minyak hortikultura dan sabun insektisida dapat membantu mengendalikan serangga dan jamur.

Kemungkinan hama dan masalah mawar:

  • Kumbang Jepang
  • Kutu daun
  • Bintik Hitam: Daun tanaman mawar dengan bintik hitam yang akhirnya berubah menjadi kuning memiliki bintik hitam. Ini sering disebabkan oleh percikan air pada daun, terutama di cuaca hujan. Daun mungkin memerlukan lapisan fungisida pelindung, yang akan dimulai pada musim panas sebelum bintik-bintik daun mulai sampai embun beku pertama. Bersihkan puing-puing di musim gugur, dan pangkas semua tongkat yang sakit.
  • Jamur tepung : Daun, kuncup, dan batang akan ditutupi dengan lapisan bubuk putih. Jamur berkembang pesat selama cuaca hangat dan lembab. Cegah jamur dengan memangkas semua tongkat mati atau sakit di musim semi.
  • Botrytis Blight: Jamur abu-abu ini akan menyebabkan kuncup bunga terkulai, tetap tertutup, atau menjadi cokelat. Pangkas semua bunga yang terinfeksi dan singkirkan semua benda mati. Aplikasi fungisida mungkin diperlukan.
  • Tungau laba-laba
  • Thrips
  • Karat
  • Penggerek Batang
  • Rusa : Mawar adalah berita gembira yang lezat, jadi cobalah menanam lavender di dekat mawar Anda. Anda tidak hanya akan memiliki bakat menjadi bunga rampai yang bagus, tetapi aroma lavender akan membuat browser tidak bersemangat. Anda juga dapat menyebarkan bulu manusia atau anjing di sekitar area taman atau memeriksa daftar tanaman tahan rusa untuk melindungi mawar Anda.
  • Secara umum, hindari masalah mawar dengan membeli varietas tahan penyakit dan membersihkan puing-puing, gulma, daun tumbang dan bahan tanaman yang sakit sesegera mungkin.

Jika anda sedang mencari rekomendasi toko bunga mawar terbaik atau sedang mencari rangkaian bunga mawar, kami Ratu Florist Jakarta siap melayani anda.

VARIETAS YANG DIREKOMENDASIKAN

Secara tradisional, mawar terkenal menantang untuk tumbuh. Namun, mawar sudah berubah. Sekarang ada banyak jenis mawar modern yang mudah tumbuh. Inilah beberapa favorit kami:

  • Rugosas , dengan mekar 5-kelopak mencolok, merah muda cerah, putih, atau lavender, bagus untuk pagar dan di mana pun penghalang diperlukan di situs yang terbuka atau sulit. Mereka tahan penyakit dan dingin terhadap Zona 3. Banyak yang harum dan menghasilkan pinggul berwarna-warni. ‘Jens Munk’ mekar sepanjang sebagian besar musim panas.
  • Mawar merah muda seperti ‘Carefree Wonder’ adalah mawar semak bulat yang kuat dan kuat untuk Zona 5. Mereka tumbuh sekitar 3 kaki tingginya dan hanya membutuhkan sedikit pembentukan di awal musim semi.
  • Mawar kuning seperti ‘Kuning Harrison’ mekar lebih awal, cerah, dan manis, dan akan bertahan di Zona 4 musim dingin.
  • Mawar kesturi hibrida tumbuh setinggi 5 hingga 6 kaki. Mawar semak ini memiliki dedaunan yang menarik dan banyak bunga kecil hingga sedang. ‘Buff Beauty’ memiliki kelompok mekar aprikot-kuning harum.
  • Mawar Karpet Bunga sangat bagus untuk penutup tanah. Setelah didirikan, mereka dapat menyediakan hingga 2.000 bunga dari musim semi hingga musim gugur. Perawatannya sangat rendah, tahan terhadap kekeringan, dan memiliki ketahanan terhadap penyakit yang luar biasa!

HAL-HAL MENARIK BUNGA MAWAR

  • Mawar bisa dimakan! Kelopak mawar diseduh untuk campuran teh dan kadang-kadang digunakan dalam obat kumur dan tonik untuk mengobati kemacetan, sakit tenggorokan, dan gangguan perut.
  • Air mawar adalah percikan kulit yang menyegarkan. Coba facial bunga! Uap aromatik yang lembut membersihkan pori-pori Anda. Untuk kulit berminyak, tambahkan beberapa kelopak mawar ke air mendidih dalam mangkuk tahan panas. Buat tenda handuk mandi dan sandarkan wajah Anda sekitar 10 inci di atas air. Seharusnya terasa hangat, tidak panas. Setelah 10 menit, bilas wajah Anda dengan air dingin, lalu keringkan.
  • Mawar merah melambangkan cinta dan keinginan, tetapi mawar datang dalam berbagai warna dan masing-masing memiliki makna sendiri. Misalnya, makna mawar putih adalah kemurnian dan kepolosan.
  • Mawar juga merupakan salah satu bunga kelahiran Juni yang indah .
  • Diyakini bahwa penanaman mawar dimulai sekitar 5.000 tahun yang lalu di Cina.
  • Selama Kekaisaran Romawi, kebun mawar didirikan di Timur Tengah.
  • Pada abad ke-17, raja dan ratu dianggap mawar tender hukum untuk pembelian.
  • Mawar memiliki sejarah panjang dan simbolis .