bunga matahari

Bunga Matahari : Cara Tanam, Merawat, Panen dan Memasaknya

June 23, 2020 Off By admin

Bunga matahari ( Helianthus annuus ) adalah tanaman tahunan dengan bentuknya besar seperti bunga aster. Nama ilmiahnya berasal dari kata Yunani helios (“matahari”) dan anthos (“bunga”). Bunga matahari memiliki banyak warna (kuning, merah, oranye, merah marun, coklat) tetapi mereka umumnya berwarna kuning cerah dengan pusat-pusat cokelat yang matang yang ditengahnya diisi dengan biji.

bunga matahari

BERAPA LAMA BUNGA MATAHARI PANEN?

Bunga yang tumbuh cukup cepat, kebanyakan varietas bunga matahari matang hanya dalam 85 hingga 95 hari. Varietas bunga matahari terbesar tumbuh setinggi lebih dari 16 kaki, sementara varietas yang lebih kecil telah dikembangkan untuk ruang dan wadah kecil dan jarang tumbuh lebih besar dari satu kaki tingginya! Kepala bunga dapat mencapai diameter lebih dari 12 inci di dalam varietas unggulan besar.

Bunga matahari bersifat heliotropik, yang berarti bahwa mereka memutar bunga mereka untuk mengikuti pergerakan Matahari melintasi langit timur ke barat, dan kemudian kembali pada malam hari untuk menghadap ke timur, siap lagi untuk matahari pagi. Heliotropisme terjadi pada tahap-tahap awal sebelum bunga bertambah berat dengan biji.

Sangat sedikit tanaman yang toleran terhadap panas, tahan terhadap hama, dan hanya cantik. Bunga matahari menghasilkan bunga potong yang bagus dan banyak yang menarik bagi lebah dan burung.

Di akhir musim, mudah memanen biji bunga matahari untuk camilan lezat atau penanaman kembali.

PENANAMAN
KAPAN MENANAM BUNGA MATAHARI

Hal terbaik untuk menabur biji bunga matahari langsung ke taman (atau wadah di luar ruangan)
Untungnya Indonesia memiliki iklim tropis yang cocok untuk pembudidayaan bunga matahari. Rekomendasi toko bunga terbaik.

MEMILIH & MENYIAPKAN LOKASI TANAM

  • Temukan tempat yang cerah! Bunga matahari tumbuh paling baik di lokasi dengan sinar matahari langsung (6 hingga 8 jam per hari); mereka membutuhkan musim panas yang panjang dan panas untuk berbunga dengan baik.
  • Pilih lokasi dengan tanah yang subur.
  • Bunga matahari tidak pilih-pilih tetapi tanahnya tidak bisa terlalu padat. Mereka memiliki akar panjang yang perlu direntangkan; dalam menyiapkan media tanam, gali sedalam 2 kaki dan sekitar 3 kaki.
  • Mereka juga tidak terlalu rewel dalam hal pH tanah. Bunga matahari tumbuh subur di tanah yang agak asam hingga agak basa (pH 6,0 hingga 7,5).
  • Bunga matahari harus ditanam di tanah yang kaya nutrisi dengan bahan organik atau pupuk kompos.
  • Jika memungkinkan, tanam bunga matahari di tempat yang terlindung dari angin kencang, mungkin di sepanjang pagar atau di dekat bangunan. Varietas yang lebih besar dapat menjadi penahan angin yang dapat merusak bunga matahari.
  • Sebelum menanam, putuskan apakah Anda ingin menumbuhkan menara bunga matahari yang menyenangkan atau tidak .

MENANAM BIJI BUNGA MATAHARI

  • Bunga matahari harus ditanam sedalam 1 hingga 1 ½ inci dan sekitar 6 inci terpisah setelah tanah benar-benar hangat. Jika Anda mau, Anda bisa menanam banyak benih dan menipiskannya ke pesaing terkuat ketika tingginya enam inci.
  • Berikan tanaman banyak ruang, terutama untuk varietas yang tumbuh rendah yang akan bercabang. Buat baris sekitar 30 inci terpisah. (Untuk varietas yang sangat kecil, tanam lebih dekat bersama-sama.)
  • Aplikasi pupuk ringan dicampur pada saat penanaman akan mendorong pertumbuhan akar yang kuat untuk melindungi mereka dari tertiup angin.
  • Percobaan dengan penanaman terhuyung-huyung selama 5 hingga 6 minggu untuk terus menikmati mekar terus menerus.
  • Jika Anda melihat burung menggaruk-garuk benih, sebarkan jaring di area yang ditanami hingga benih berkecambah.

MERAWAT BUNGA MATAHARI

  • Sementara tanaman itu kecil, air di sekitar zona akar, sekitar 3 sampai 4 inci dari tanaman. Untuk melindungi tanaman, mungkin membantu menempatkan siput atau umpan siput di sekitar batang.
  • Setelah tanaman terbentuk, sirami sedalam mungkin untuk mendorong rooting dalam. Kecuali jika cuaca sangat basah atau kering, siram seminggu sekali dengan beberapa galon air.
  • Jangan memberi pupuk berlebihan; pemupukan berlebih dapat menyebabkan batang patah pada musim gugur. Anda dapat menambahkan pupuk encer ke dalam air, namun hindari memasukkan pupuk ke dekat pangkalan tanaman; mungkin membantu untuk membangun parit dalam lingkaran di sekitar tanaman sekitar 18 inci keluar.
  • Spesies tinggi dan kultivar membutuhkan dukungan. Taruhan bambu adalah pilihan yang baik untuk tanaman apa pun yang memiliki batang tunggal yang kuat dan membutuhkan dukungan untuk waktu yang singkat.

HAMA / PENYAKIT

  • Burung dan tupai akan menunjukkan minat pada biji. Jika Anda berencana untuk menggunakan benih, cegah makhluk dengan perangkat penghalang. Saat kepala benih matang dan bunga-bunga terkulai, Anda dapat menutupi masing-masing dengan bulu taman polyspun putih.
  • Jika Anda memiliki rusa , pertahankan agar mereka tetap di luar dengan penghalang kawat tinggi. Penasaran rusa bisa menggigit kepala bunga matahari muda.
  • Bunga matahari relatif bebas serangga. Seekor ngengat abu-abu kecil terkadang bertelur di bunga-bunga. Pilih cacing dari tanaman.
  • Jamur berbulu halus , karat , dan embun tepung juga dapat mempengaruhi tanaman. Jika penyakit jamur ditemukan lebih awal, semprotkan dengan fungisida kebun umum.

PANEN / PENYIMPANAN
MEMOTONG BUNGA MATAHARI UNTUK KARANGAN BUNGA

Untuk karangan bunga dalam ruangan, potong batang utama tepat sebelum kuncup bunganya memiliki peluang untuk mendorong mekar.
Potong batang lebih awal di pagi hari. Memanen bunga pada siang hari dapat menyebabkan layu bunga.

Tangani bunga matahari dengan lembut. Bunga-bunga harus bertahan setidaknya seminggu di air pada suhu kamar.
Atur bunga matahari dalam wadah tinggi yang memberikan dukungan yang baik untuk kepala mereka yang berat, dan ganti air setiap hari agar tetap segar.
Kepala bunga matahari kering

PANEN BIJI BUNGA MATAHARI

Di akhir musim, panen biji bunga matahari untuk camilan lezat dan atau untuk menanam kembali atau memberi makan burung-burung di musim dingin!

  • Biarkan bunga mengering atau mematikan batang sampai bagian belakang kepala berubah kecokelatan, dedaunan menguning, kelopak mati, dan biji terlihat montok dan agak longgar.
  • Dengan gunting tajam atau pemangkas, potong kepala tanaman (sekitar 6 inci di bawah kepala bunga). Tempatkan dalam wadah untuk menangkap biji lepas.
  • Berbaring kepala bunga matahari di permukaan yang datar dan bersih dan ambil mangkuk untuk memegang benih.
  • Untuk mengeluarkan biji, cukup gosok tangan Anda di atas area berbiji dan cabut dari tanaman atau Anda bisa menggunakan garpu. Cara lain untuk menghilangkannya adalah dengan menggosok kepala bunga matahari di atas papan cuci tua atau yang serupa. Pegang saja kepalanya dan gosokkan ke atas papan seolah-olah Anda sedang mencuci pakaian.
  • Jika Anda akan memanen biji untuk dipanggang, Anda bisa menutupi bunga dengan kain ringan (seperti kain tipis) dan karet gelang untuk melindungi kepala dari burung.
  • Sebagai alternatif, Anda dapat memotong kepala bunga lebih awal dan menggantung kepala secara terbalik hingga biji mengering; gantung di dalam ruangan atau di tempat yang aman dari burung dan tikus.
  • Bilas biji bunga matahari sebelum ditata hingga kering selama beberapa jam atau semalam.
  • Jika Anda menyimpan benih untuk ditanam kembali, simpan di wadah kedap udara di tempat yang sejuk dan kering sampai Anda siap menanam.
  • Pelajari cara memanggang biji dalam catatan memasak di bawah ini.

VARIETAS YANG DIREKOMENDASIKAN

Semua orang akrab dengan bunga matahari besar yang tumbuh di batang menjulang setinggi delapan kaki. Tapi tahukah Anda bahwa beberapa varietas memiliki tinggi 15 inci?

  • Varietas ‘ Mammoth ‘ yang menjulang tinggi adalah bunga matahari raksasa tradisional, kadang-kadang tumbuh setinggi lebih dari 12 kaki. Bijinya juga bagus untuk cemilan dan pengumpan burung.
  • ‘ Autumn Beauty ‘: Salah satu kultivar paling spektakuler, ‘Autumn Beauty’ memiliki banyak bunga 6-inci dalam nuansa kuning, perunggu, dan mahoni pada batang bercabang setinggi 7 kaki.
  • ‘ Sunrich Gold ‘: Bunga yang bagus untuk karangan bunga dan aransemen, bunga matahari ini tumbuh setinggi sekitar 5 kaki dan menghasilkan bunga tunggal 4 hingga 6 inci. Bunga-bunga besar, tanpa kekacauan, tanpa serbuk sari memiliki sinar yang kaya, kuning keemasan dan pusat hijau-kuning.
  • ‘ Teddy Bear ‘: Tingginya hanya 2 hingga 3 kaki, bunga matahari kecil ini sangat cocok untuk kebun kecil dan wadah. Bunga halus, emas tua, 5 inci bertahan selama berhari-hari dalam vas.

CATATAN MEMASAK

  • Hanya satu ons biji bunga matahari mengandung sekitar 6 gram protein dan 14 gram minyak. Lemak hampir seluruhnya tidak jenuh dengan 9g lemak tak jenuh ganda dan 3g lemak tak jenuh tunggal per ons ( NSA ). Minyak ini mengandung asam linoleat tinggi dan merupakan sumber vitamin E.
  • Beberapa varietas menghasilkan biji hitam kecil yang digunakan dalam minyak goreng, margarin, kosmetik, dan pakan ternak; mereka adalah biji bunga matahari terbaik untuk menarik berbagai penyanyi.
  • Benih bergaris besar ditanam untuk mengemil dan sebagai bahan untuk roti dan makanan kesehatan. Mereka juga digunakan untuk memberi makan burung, terutama spesies yang lebih besar, seperti jay dan merpati.

CARA MEMANGGANG BIJI BUNGA MATAHARI

Rendam kembali biji semalaman dalam air asin. Jalankan melalui saringan dan keringkan di atas lapisan tisu.

Panggang selama 25 hingga 30 menit pada 325 derajat di atas loyang. Benih harus disebarkan dalam satu lapisan. Aduk sesering mungkin selama memanggang dan buang bijinya saat terlihat agak kecoklatan. Jangan terbakar!